Aktivitas Tanpa Tatap Muka = Masa Depan yang Menggoda

Di era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi bukanlah merupakan sesuatu yang asing lagi di telinga kita, bahkan kemajuan ini tidak dapat dibendung lagi dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata, kemajuan ini membuahkan kinerja yang mengagumkan, secara mudah dapat diartikan bergabungnya berbagai teknologi dan bisa diakses dari satu perangkat, salah satunya melalui fasilitas internet. Lihat saja kini berbagai koordinasi dapat dengan mudah dilakukan lewat email, chating di YahooMessenger, bahkan Facebook. Interaksi yang sangat dinamis ini bisa kita lakukan dengan cara yang beragam tergantung kebutuhannya. Perkembangan seperti ini pun mensyaratkan digitalisasi, artinya semua informasi kebanyakan berbentuk digital agar dapat dikonversi dan dikirim dengan mudah. Kemudahan inilah yang memberi banyak keuntungan bagi para penggunanya. Keuntungan yang dapat kita rasakan antara lain dengan kemampuan mengakses komunikasi di berbagai tempat dan waktu yang bersamaan dapat memudahkan penggunanya dalam mempercepat pengambilan keputusan, misalnya dengan mengoptimalkan penggunaan instant messenger, video, click to call, maupun web conferencing. Para penggunanya pun seolah sedang berinteraksi tatap muka karena memungkinkan menggunakan video.  Misalnya saja untuk seorang yang ingin menekuni bisnis berbasis teknologi informasi tidak perlu lagi menggunakan modal yang sangat besar. Semua itu dapat dilakukan di ruang kerja yang minim dengan mengandalkan beragam layanan akses internet seperti penggunaan konten provider, membuat aplikasi berbasis web ke pemesan, mengelola benyak situs dan portal, mengelola toko online, hingga menekuni situs pendulang uang.

Kini, perkembangan teknologi terasa telah merasuki masyarakat Indonesia dan mencari bentuknya sendiri. Masyarakat umum tanpa sadar telah menikmati perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun teknologi yang digunakan belum terhitung canggih tapi yang lebih penting manfaatnya terasa. Koran dan majalah pun kini sudah bisa dinikmati lewat fasilitas internet dimanapun. Rekening bank pun bisa diakses lewat internet atau dengan fasilitas mobile banking. Enaknya, semua layanan itu bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. Artinya, berbagai kendala penghambat aktifitas yang mengharuskan pertemuan tatap muka bisa dihindari.  Aktifitas yang cukup menarik bukan? Berkat perkembangan teknologi ini, kini siapa pun bisa bekerja dan berbisnis secara mandiri  dimana saja tanpa harus bertatap muka secara fisik. Semua aktifitas bisa dilakukan dengan lebih produktif dan lebih efisien. Pada akhirnya, semua pihak pun diuntungkan. Hitung saja penghematan yang diperoleh dari biaya transportasi yang hilang, waktu pengerjaan yang lebih cepat karena tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, plus biaya-biaya lainnya yang harus dikeluarkan apabila dilakukan dengan aktifitas tatap muka.

Tak hanya aktifitas ekonomi, kegiatan belajar mengajar dan berbagai pengetahuan juga sangat dimudahkan berkat bersatunya teknologi ini. Belajar jarak jauh pun makin lazim dewasa ini. Dalam skala kecil, banyak kursus dilakukan secara online, misalnya kursus bahasa inggris, kursus akuntansi, dan bimbingan belajar lainnya. Dengan kemudahan ini para peserta kursus bisa belajar dimana saja, menerima materi lewat email, serta berinteraksi dengan email dan chating sehingga dengan demikian membuat biaya operasional menjadi lebih murah.  Kemajuan teknologi sudah bisa menjadikan proses berbagi pengetahuan ini makin mudah dan praktis.

Dengan berbagai macam kemudahan yang diberikan serta banyaknya keuntungan yang didapat, maka bukan tidak mungkin aktifitas tanpa tatap muka seperti ini merupakan masa depan yang menggoda dan cukup menjanjikan. Oleh karena itu, dengan inovasi yang terus bertambah dan pemahaman yang baik terhadap perkembangan teknologi ini serta dengan didukung tren perilaku yang positif masyarakat lokal, niscaya manfaat perkembangan teknologi ini akan lebih menggurita sekaligus menyejahterakan masyarakat penggunanya.

About girinemo

"Life is not just about what you can get and take, but what you can give and create" View all posts by girinemo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: