Hubungan Science dan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi tidak bisa lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, tp kali ini kita tidak akan berbicara tentang pertarungan diantara keduanya, melainkan peranan penting dari keduanya dalam pembangunan bangsa.

Teknologi informasi
Berbicara mengenai teknologi informasi, kita pasti akan disuguhkan dengan seperangkat komputer dan berbagai perangkat penunjang lain beserta aplikasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Dewasa ini berbagai bidang dalam kehidupan manusia semua tersentuh oleh teknologi informasi. Teknologi Informasi semakin berkembang sangat jauh dan secara tidak langsung telah merevolusi cara hidup kita, cara kerja, belajar,berkomunikasi, berbisnis, karir, dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk mempermudah dalam setiap prosesnya. Dengan kata lain teknologi informasi menjadi bagian penting dalam kehidupan kita.

Science
Ilmu pengetahuan memiliki peranan penting dalam setiap aspek diberbagai bidang termasuk dalam pembangunan bangsa. Dalam hal ini, kita membutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan sebagai senjata ampuh untuk meraih semua mimpi. Dengan melihat pentingnya ilmu pengetahuan, dunia pendidikan memiliki peranan penting disini. Tapi sadar atau tidak, dunia pendidikan di negara kita masih banyak tertinggal dengan negara-negara lain. Belum lagi dengan berbagai alasan control quality (kualitas kontrol) biaya pendidikan menjadi mahal. Tapi dengan berbagai keterbatasan ataupun masalah yang ada, bukan alasan kita untuk berenti menuntut ilmu, apa lagi perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini semakin pesat, sekali saja kita tutup mata maka tertinggallah kita.
Hubungan antara Science dengan teknologi informasi
Science dan teknologi informasi sangat erat hubungannya. Teknologi informasi yang berkembang begitu pesat, merupakan hasil dari ilmu pengetahua itu sendiri, dan dengan teknologi informasi sekarang kita bisa menggali ilmu pengetahuan lebih mudah lagi.

IPTEK dalam pembangunan bangsa
Ilmu pengetahuan dan teknonogi atau lebih kita kenal dengan singkatan IPTEk adalah hal yang selama ini sering diangkat kepermukaan sehingga telinga kitapun sudah sangat mengenal dengan singkatan itu, bahkan lomba karya tulis ilmiah pun hampir sebagian besar mengangkat bidang ini termasuk juga karya tulis saya.
“Bagaimana cara memanfaatkan semua itu untuk kehidupan kita, sodara kita, anak cucu kita, bangsa dan tanah air Indonesia?”
Jawabannya adalah, penguasaan IPTEK oleh sumberdaya manusia Indonesia untuk mengelola semua kekayaan bangsa. Saya yakin Indonesia bukan hanya kaya akan sumberdaya alamnya, akan tetapi sumberdaya manusianya juga sangat berkualitas dan kompeten di berbagai bidang. Tinggal bagaimana caranya agar IPTEK itu dapat kita kuasai untuk masa depan kita dan bangsa ini. Berbicara mengenai masa depan bangsa, mau di bawa kemana, akan jadi seperti apa, itu semua merupakan tanggung jawab kita bersama.

About girinemo

"Life is not just about what you can get and take, but what you can give and create" View all posts by girinemo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: