Barca samai pencapaian Juve & Milan

Penghargaan Lionel Messi adalah Ballon d’Or kedelapan yang dimenangi seorang pemain Barcelona. Dengan ini Barca sejajar Juventus dan AC Milan sebagai klub yang terbanyak memenangi penghargaan itu, walau kini nama Ballon d’Or berubah menjadi FIFA Ballon d’Or.

Dikutip dari situs resmi Barca, Ballon d’Or yang direbut Messi tadi adalah yang kedelapan kalinya buat Azulgrana. Pemenang sebelumnya adalah Luis Suarez yang pertama menyabetnya pada 1960, dua gelar dari Cruyff (1973-74).

Blaugrana butuh waktu sekitar dua dekade untuk dapat kembali menempatkan pemainnya untuk meraih penghargaan tersebut. Sampai akhirnya Hristo Stoickhov meraihnya pada 1994, lima tahun berselang giliran Rivaldo dan Ronaldo pada 2005. Sebelum akhirnya Messi menjadi jawara dalam dua tahun terakhir ini.

Delapan Ballon d’Or yang diperoleh ini mensejajarkan The Catalans dengan Juventus dan Milan sebagai pengumpul terbanyak penghargaan paling bergengsi sepakbola Eropa.

Juve memenanginya lewat Omar Sivori (1961), Paolo Rossi (1982), Michel Platini (1983-85), Roberto Baggio (1993), Zinedine Zidane (1998) dan Pavel Nedved (2003).

Sedangkan Milan diwakili Gianni Rivera (1969), Ruud Gullit (1997), Marco Van Basten (1988-89, 1992), George Weah (1995), Andriy Shevchenko dan terakhir Kaka (2007).
http://www.sepakbola.com

About girinemo

"Life is not just about what you can get and take, but what you can give and create" View all posts by girinemo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: