Backpacker-an

“Liburan sudah di depan mata, enaknya liburan kemana ya?? Aduh kalo lagi banyak duit sih bisa liburan kemana aja,ga bingung. Tapi kalo kantong lagi bener-bener tipis banyak yang harus dipikirin nih,gimana caranya gw bisa liburan tapi ga perlu keluar duit banyak?”

Lagi bingung mau liburan kemana tapi ga punya budget gede? Ga mungkin dong, lo ngelewatin liburan gitu aja. Sebenernya lo bisa kok nikmatin liburan tanpa harus keluar duit banyak. Jadi backpacker aja, bisa ngirit pengeluaran tapi tetep bisa fun. Kalo lo udah mutusin buat berpetualang ala backpacker, lo harus udah siap sama risiko yang bakal lo hadepin. Makanya, ga ada salahnya untuk persiapan dan perencanaan yang matang.

List tempat-tempat yang mau dituju

Paling dulu sebaiknya tentuin tempat-tempat nanti lo mau ngabisin liburan, terus catet deh tempat-tempat yang mau lo datengin itu, mulai dari objek wisatanya, tempat tongkrongan yang asik, tempat makan (cari yang murah meriah supaya ga bikin kempes tuh kantong haha), pokoknya jangan sampe ada yang kelewatan lah. Lo juga harus tau alamat semua tempat yang dituju jangan sampe kebingungan terus tanya orang di sana, itu namanya buang waktu aja menn! .. Oiya.,coba cari tempat yang “ga biasa” buat liburan, mungkin itu bisa jadi pengalaman baru buat kalian.

Siapain “alat tempur”

Jadi backpacker harus bener-bener perhatiin kemana mau pergi, naek apa, tempat nginep yang murah (tapi ga mengecewakan), terus apa aja yang harus lo bawa. Harus bener-bener diperhitungin barang-barang yang mau dibawa tuh. Jangan sampe salah bawa atau berlebihan, supaya ga jadi masalah pas liburan nanti. Biarpun barang bawaan ala backpacker pasti beda sama ala koper, bukan berati itu akan ngurangin fun liburan lo, pokoknya bikin semuanya jadi lebih mudah bukan ngeribetin ya.

Kira-kira ini perlengkapan yang perlu dibawa pas liburan ala backpacker:

1. Tas

Pilih tas yang bener-bener cocok buat lo dan sesuai kebutuhan. Jangan sampe lo mau liburan berhari-hari tapi cuma bawa tas ala anak sekolahan atau liburan menginap semalam tapi bawa tas ala orang mudik, perhatikan itu. Lama dan sebentarnya waktu liburan juga perlu diperhatiin, jadi kalian tau harus bawa apa aja di dalam tas itu.

2. Peralatan mandi

Sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo, handuk. Minimal ini yang harus kalian bawa biar bisa tetep bersih pas liburan. Pilih handuk yang cepet kering, terutama buat para backpacker yang pengen liburan berpindah-pindah alias nomaden.

3. Pakaian

Jangan lupa bawa pakaian ganti, dan inget jangan sampe saltum. Perhatikan juga cuaca/musim tempat yang mau kalian datengin, jadi lo bisa tau baju seperti apa yang harus dibawa. Ga kalah penting pakaian dalam itu wajib dibawa!

4. Kaos kaki

Mungkin barang ini terlihat sepele, tapi ga ada salahnya buat jaga-jaga kalo cuaca dingin atau buat ngindarin kaki lecet buat kalian yang doyan jalan.

5. Kamera

Ini barang yang wajib dibawa, walaupun lo bukan termasuk tipe orang yang banci foto tapi kamera inilah yang nantinya lo gunain buat moment-moment penting liburan lo semisal mangabadikan tempat-tempat keren yang lo datengin, mengabadikan keceriaan lo bareng temen-temen, atau bahkan saat ngeliat kejadian yang unik dan aneh hehe.

6. Makanan

Bawa persediaan makanan siapa tau aja kalian kelaperan di jalan terus ga nemu tempat makan yang sesuai kantong, lumayan bisa menghemat pengeluaran. Nah, tips penting nih jangan asal bawa makanan, sebaiknya pilih makanan instant yang praktis dan makanan yang mudah dimasak. Berapa banyak makanan yang perlu dibawa juga disesuaiin aja sama lamanya kalian liburan. Untuk backpacker yang ingin menjelajah pelosok-pelosok ada baiknya bawa peralatan masak sederhana untuk jaga-jaga kalo susah mencari makanan.

7. Peta dan sleeping bag

Kedua barang ini cukup penting untuk kalian yang ingin backpacker-an ke tempat-tempat yang mungkin asing buat kalian. Jangan sampe kalian kalian nyasar gara-gara ga tau jalan. Makanya peta itu bisa berguna banget buat jadi petunjuk.  Nah, sleeping bag ini bisa dimanfaatkan buat kalian yang liburan di alam bebas atau bisa juga buat jaga-jaga mungkin aja tempat penginapan yang murah udah penuh hehe.,

Tips aman backpacking

Backpacking untuk tujuan yang seru dan menantang, tapi tetep harus merhatiin keamanan dan keselamatan diri. Rencanain dengan matang semua kegiatan yang mau lo lakuin nanti, dari mulai mau kemana, mau ngapain, pastiin semua udah ada di otak kalian supaya kalian siap ngadepin segala kemungkinana yang bakal kalian temuin.

Kalo lo udah persiapin semuanya, lo bisa jadi lebih fokus. Ngga cuma buang-buang waktu mikirin mau kemana dan ngapain.

Nih tips yang mungkin bisa bermanfaat:

1. Beli peta tempat yang kalian ingin datengin, tanya juga sana-sini alat transportasi buat ke tempat itu. Kalo emang terpaksa harus jalan kaki,seengganya kalian punya peta buat penunjuk jalan.

2. Nonton tv, baca koran, dan cari info di internet juga penting buat cari tau cuaca di tempat tujuan kalian itu atau lagi ada peristiwa apa. Mungkin aja lagi ada bencana alam atau kerusuhan, ga mungkin dong tetep liburan ke sana jadi bisa cari alternatif lain.

3. Bikin plan-B, ini buat jaga-jaga mungkin aja semua rencana yang kalian susun dengan rapi tiba-tiba ga bisa terlaksana karena satu dan lain hal yang ga terduga.

4. Terakhir nih, jangan lupa kasih tau keluarga atau temen-temen kalian kemana aja lo akan pergi atau berapa lama, supaya mereka bisa cari lo kalo lo ga pulang-pulang nantinya hahaha..

Kalo semua udah siap maka berangkat lah kalian yang ingin backpacker-an. Kalo bisa lebih baik ajak temen-temen jadi kalo nyasar atau hilang itu ga sendirian😀

Selamat Berlibur

About girinemo

"Life is not just about what you can get and take, but what you can give and create" View all posts by girinemo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: