Semacam galau

Sebenernya apa deskripsi yang tepat dari kata galau itu? Istilah galau itu sebenernya baru populer belakangan ini, semenjak banyak manusia-manusia yang update atau posting status di jejaring sosial semacam Twitter yang lagi jadi trend. Ada aja yang tiap hari selalu update status berisi celotehan masalah pribadi mereka lalu dishare ke publik, ada yang ngeluh sana sini, ada yang doa ini itu, pada intinya banyak yang berbau “galau”, se-multifungsi inikah Twitter (*tanya kenapa). Yang jelas, arti galau menurut KBBI itu kacau, bimbang, atau semrawut. Dari definisi itu dapat dilihat ternyata banyak manusia yang “semrawut”.

Ngerasa galau sesekali boleh, namanya juga manusia, tapi kalo dikit-dikit galau, sebentar-sebentar galau, ini sih menurut gw udah ngga wajar. Bahaya juga, bisa-bisa aktivitas keseharian bisa berantakan, sesuai artinya masa mau hidup semrawut cuma karena kebanyakan galau. Banyak penyebab terjadinya fenomena galau ini, salah satu yang banyak gw liat di sekitar gw, di lingkungan pergaulan gw, temen-temen gw, kebanyakan satu sebab, karena cinta melulu. Ada yang galau baru putus dari pacarnya, ada yang galau kelamaan ngejomblo, ada yang galau karena selingkuh, ada yang galau karena bertengkar sama pasangannya, ada yang galau karena hubungan yang ngegantung dengan pasangannya, ada yang galau sama gebetan, ya semacam inilah kenyataan yang ada di sekitar gw. Sebenernya sih gw mau bahas lebih jauh tentang kegalauan yang terjadi karena hal-hal itu, tapi ngga enak sama pihak-pihak terkait yang mungkin “ngerasa” yang kebetulan baca tulisan ini*

Sebenernya menurut pandangan gw gampang banget kok buat ngilangin galau, dan ada tips-tips yang mungkin bisa ngebantu. Yang pertama, jangan sering sendirian. Galu tipe ini biasanya dateng pas sendirian kita jadi kembali mikirin masalah yang lagi dialami. Mending, nongkrong bareng temen supaya ngga ngerasa sendirian. Kedua, perbanyak aktivitas. Lakuin aktivitas-aktivitas yang bisa bikin kita lupa sama masalah yang lagi dialami, misalnya dengan aktivitas yang seru, semacam futsal, nongkrong bareng temen, makan-makan, basket, atau bisa juga main “tonjok-tonjokan” ala amazone, konon menurut temen gw cara ini cukup ampuh. Yang ketiga, hindari berada ditempat sepi, kayak di kamar tidur, pojokan rumah, atau pojokan kelas yang sepi, hahaha. Yang terakhir, jangan nonton film atau dengerin lagu yang melankolis, konon lagu-lagu melankolis bisa memicu jadi galau lagi. Mending, memutar lagu metalcore atau sebangsanya.

Biasanya galau itu saat kita lagi sedih, kecewa, bingung, bahkan marah, tapi kita cuma memendam masalah tanpa sharing ke orang lain, padahal mungkin ada solusi yang bisa kita dapet dari sharing itu. Ngga ada salahnya, biasakan sharing ketika menghadapi masalah ke orang yang dapat dipercaya, tertunya masalah yang memang masih pantes untuk dibicarakan sama orang lain.Yang namanya hidup tentu pasti ada masalah, dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Tinggal pinter-pinternya kita aja buat ngelewatin tantangan yang ada dan cari jalar keluar itu. Ingat, yang terpenting hadapi masalah dengan sikap dan pola pikir yang positif. Jangan pernah ragu untuk ngelakuin hal yang menurut kalian benar dan memang harus dilakukan. Keberanian untuk melakukan sesuatu yang dianggap benar walaupun berat untuk dilakukan itu bisa bikin kita makin dewasa.

About girinemo

"Life is not just about what you can get and take, but what you can give and create" View all posts by girinemo

One response to “Semacam galau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: